Rapat Evaluasi PAD Tahun 2017

Rapat PAD 2017
Rapat PAD 2017

Kolaka, BPPRD. Senin, 18 September 2017 Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kab.Kolaka melaksanakan Rapat Evaluasi Penerimaan PAD bagi instansi Pemungut lingkup Pemda Kab. Kolaka. Rapat tersebut   dilaksanakan di Ruang Rapat   Bupati Kolaka yang di Pimpin Langsung oleh Bapak Bupati Kolaka H. Ahmad Safei didampangi Bapak Sekda Kab. Kolaka Bapak Drs. H. Poitu Murtopo, M.Si, Asisten III Sekda Bapak H.Zulkarnain, SE, MS serta Bapak Dr. Ir. H. Alva Talanipa, MM sebagai Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kab. Kolaka.

Rapat Juga dihadiri oleh Ibu Kepala Inspektorat Kab. Kolaka serta  Kepala Badan, Dinas dan Camat Pengelola PAD. Kepala BPPRD Kab. Kolaka dalam Laporannya menyampaikan bahwa hingga 18 September 2017 Realisasi Penerimaan PAD Se- Kab. Kolaka telah mencapai 74,76 % yang terdiri dari Penerimaan Pajak 80,99 % Retribusi Daerah 63,51 % , Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yg dipisahkan  63,51 % dan Lain-lain PAD yg Syah 63,38 %. Dari Pencapaian tersebut   cukup Baik, Namun masih ada beberapa Jenis Obyek Pemungutan PAD yang masih dibawah standar baik Pajak Daerah Maupun Retribusi Daerah khususnya dari Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan.

Sementara itu Bapak Bupati dalam Arahannya mengemukakan bahwa Penerimaan PAD sudah harus lebih di Intensifkan mengingat Tahun Anggaran 2017 tinggal 4 Bulan lagi. Lebih lanjut lagi Bapak Bupati memberikan beberapa Masukan antara lain :

  1. Koordinasi antara Kepala OPD dan Camat dalam melakukan Pemungutan PAD
  2. Koordinasi dengan Pihak Pemerintah Provinsi tentang Pengawasan masuk keluar BBM dari depot sehingga bagi hasilnya dapat meningkatkan Penerimaan Daerah.
  3. Pembuatan SPOP Baru 100 lbr Per Desa/Kel
  4. Instansi Pemungut yang pencapaian PAD masih di bawah 60 % agar membuat laporan dan disampaikan kepada bupati.

Rapat Evaluasi juga membahas Prognosis Rencana Target Pendapatan Tahun 2018.